BERBURU PIRING ANTIK DI PASAR MAYESTIK

Mungkin sobat jajan bertanya-tanya mengapa di artikel kali ini saya membahas tentang Pasar Mayestik? Yup saya memang sengaja mengambil tema ini khusus untuk sobat jajan pecinta dunia kuliner yang membutuhkan informasi seputar peralatan makan. 





Karena peralatan makan ini bukan hanya barang incaran para ibu rumah tangga saja tapi juga para pelaku bisnis restoran, chef, pelajar bidang kuliner hingga food blogger yang gemar memotret makanan.


Bagian depan Pasar Mayestik.


Seperti yang kita tahu bahwa Pasar Mayestik dikenal sebagai tempat pusatnya barang-barang perlengkapan rumah tangga terutama untuk peralatan makan. Dari hasil menggali informasi akhirnya sampailah saya pada salah satu sumber hasil pencarian di Google yang menyebutkan Pasar Mayestik sebagai pusat jual beli perlengkapan makan. Akhirnya sayapun memutuskan untuk datang ke sini dan mencari properti foto yang saya butuhkan.


Bagian dalam Pasar Mayestik yang bersih dan rapih, jauh dari image "pasar" yang tidak higienis dan pengap.


Terletak di Jalan Kyai Maja tepat sebelum Pasar Taman Puring, Pasar Mayestik berdiri didekat jalan raya sempit yang dikelilingi ruko-ruko. Namun Pasar Mayestik yang sekarang merupakan bangunan yang direkondisi karena termakan usia sehingga kini menjadi pasar modern dengan 10 lantai ber-AC pertama yang lebih rapih, aman dan nyaman.




Selain perlengkapan makan di Pasar Mayestik juga terdapat penjual bahan pakaian dan baju batik yang terletak di lantai atas. Untuk perlengkapan makan sendiri dari lantai dasar kita bisa turun satu lantai menuju lantai semi-basement. Di lantai semi-basement ini merupakan lantai pusat perlengkapan dapur, perlengkapan dekorasi, tanaman artificial hingga souvenir pernikahan. Nah penasaran kan? Yuk langsung saja kita lihat perlengkapan makan yang ada di Pasar Mayestik berikut ini.



CERAMICS & GLASS WARE
Aneka perlengkapan makan dari keramik dan gelas bisa kalian temui di tempat ini. Piring keramik dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna bisa kita temukan dengan mudahnya. Pilihannya pun sangat beragam dan unik.



Tidak hanya dijadikan sebagai perlengkapan makan saja, beberapa pedagang menjualnya untuk dijadikan sebagai pajangan di rumah. Piring pajangan yang dilengkapi kawat penggantung untuk ukuran piring makan dibandrol mulai dari harga IDR 60.000, harga ini belum fix jadi masih bisa ditawar lagi.







Cup dan saucer untuk minum teh ini dibandrol mulai dari IDR 60.000 per satuannya.







Sedangkan untuk cangkir minum teh tidak banyak yang dijual satuan, rata-rata pedagang menjual set cangkirnya per setengah lusin dengan harga mulai dari IDR 350.000 sebelum nego.




Banyak juga pembeli yang datang kesini khusus membeli perlengkapan makan untuk dijadikan hantaran pernikahan ataupun parsel, dan biasanya para pedagang juga menyediakan jasa untuk membungkus parsel dan hantaran pernikahan.






Set piring saji untuk Afternoon Tea.







WOODEN WARE
Tidak kalah dengan perlengkapan pecah belahnya, Pasar Mayestik juga menjual perlengkapan makan dari kayu. Mulai dari sendok kayu, penggiling adonan kue bahkan cobek kayu bisa dengan mudah kita temukan dengan berbagai ukuran.



Sendok kayu untuk minuman.




Sendok kayu dijual mulai dari IDR 3000.





CLAY WARE
Beberapa toko juga menyediakan perlengkapan memasak dari tanah liat. Pot tanah liat, cobek tanah liat hingga panci tanah liat untuk memasak jamu juga tersedia di Pasar Mayestik.





BAMBOO WARE
Ada juga peralatan dapur yang terbuat dari bambu dan biasanya berbentuk anyaman. Sebut saja keranjang dari bambu, wadah pengukus dim sum hingga box hantaran untuk pernikahan tersedia di tempat ini.




Wadah penyimpan makanan dengan tudung saji yang terbuat dari bambu.



RATTAN WARE
Aneka piring saji yang terbauat dari rotan pun bisa kalian temukan dengan mudah di Pasar Mayestik. Seperti piring rotan di bawah ini yang banyak digunakan di rumah-rumah makan.


Aneka perlengkapan makan dari bahan kayu rotan.

Selain perlengkapan rumah dari bahan keramik, bambu, rotan dan sebagainya, di Pasar Mayestik juga banyak yang menjual bunga dan tanaman artificial untuk dekorasi. Di sini saya sempat membeli ember alumunium kecil seharga IDR 12.500,-.






Nah sobat jajan tadi sebagian perlengkapan rumah yang ada di dalam Pasar Mayestik. Setelah selesai membeli beberapa perlengkapan properti untuk memotret akhirnya saya mencoba berkeliling di luar Pasar Mayestik. 


Di luar Pasar Mayestik ternyata banyak juga yang menjual perlengkapan gelas dan keramik yang serupa dengan di dalam Pasar Mayestik. Mereka tersebar di pinggir jalan sebagai pedagang kaki lima hingga di ruko-ruko yang mengelilingi Pasar Mayestik.




Untuk harganya relatif sama dengan yang di dalam Pasar Mayestik selain bisa ditawar pilihan barangnyapun tidak kalah lengkapnya.






Sambil meneruskan perjalanan saya mengelilingi area Pasar Mayestik saya menemukan toko yang khusus menjual perlengkapan makan. Tokonya cukup luas dan barangnya sangat beragam. Letak tokonya berada persis di depan pintu utama Pasar Mayestik.




Kebanyakan barang-barang di sini sudah mencantumkan harga.




Gravy Pot (IDR 22.500).






Sendok sup stainless (IDR 11.000)


Nah sobat jajan sekarang kalian tidak bingung lagi kan kemana harus mencari properti foto seputar peralatan makan untuk konten blog atau hobi memasak kamu. Datang saja ke Pasar Mayestik agar kalian bisa dengan puas memilih properti foto yang kalian cari. Selamat berburu!


Follow Jajan Beken untuk info paling update

INSTAGRAM | TWITTER | GOOGLE+

______________________________________________________

FACILITIES
Parking : Yes
Mosque : Yes
Toilet : Yes


CONTACT
Address : Jl. Tebah III, Mayestik-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Phone : 021-7252999
Tumblr : mayestik
Instagram : @pasar_mayestik
Twitter : @pasar_mayestik
Facebook : Pasar Mayestik Official Site
Email : mktmayestik@yahoo.com


MAP

Label: , , ,