TRADISI YEE SANG DI MING DINING, MENU WAJIB IMLEK

Tradisi Yee Sang adalah upacara makan bersama yang biasa disajikan untuk merayakan Imlek. Kebetulan ini adalah pertama kalinya Jajanbeken mengikuti Tradisi Yee Sang dan saya akan sharing pengalaman mengikuti Tradisi Yee Sang di Restoran Ming Dining buat sobat jajan.


Berbagai jenis sayuran dan hasil lauit yang tersusun rapih di atas piring Yee Sang.


TENTANG MING DINING

Ming Dining adalah restoran Chinnese Food yang terletak di Senayan City, dulu restoran ini bernama Ming Village yang berdiri tahun 2010 kemudian namanya berubah menjadi Ming Dining dan kini terdapat mini kafe di dalamnya yang bernama Little Ming dengan konsep yang lebih anak muda.





Design interior yang didominasi oleh ornamen China, mewah dan elegan adalah dua kata yang cocok untuk menggambarkan suasana restoran ini.




Semua meja makan di sini berbentuk bulat seperti Chinese Food Restaurant pada umumnya yang dilengkapi dengan meja putar.




Suasana interior di dalam restoran.


Area Private Room.







MENGENAL TRADISI YEE SANG

Yee Sang adalah menu wajib saat perayaan Imlek, Yee Sang sendiri sebenarnya masuk dalam kategori salad karena terdiri dari irisan sayuran dan hasil laut dalam satu piring besar.




Yee Sang sendiri dikenal juga sebagai Yusheng atau Yuu Sahng yang artinya melimpah. Menu wajib ini dihidangkan untuk merayakan Imlek sebagai simbol kemakmuran dan kelimpahan karena menyajikan hasil pertanian seperti wortel dan lobak serta hasil nelayan seperti ikan tuna atau salmon.


Yee Sang (IDR 438K).


Cara penyajian menu Yee Sang ini terbilang unik sobat jajan, di Restoran Ming Dining pelayan akan mencapurkan beberapa bahan ke atas Yee Sang sambil mengucapkan doa dan harapan kepada para tamu.




"Semoga rejeki melimpah" ucap si pelayan  sambil mengucurkan perasan jeruk nipis ke atas Yee Sang. 




Kemudian diikuti bahan-bahan lain seperti fillet ikan salmon, minyak wijen, saus buah plum segar dan merica bubuk. 




Terus doa terakhir yang diucapkan si pelayan adalah "Semoga enteng jodoh!" sontak para tamu bersorak "Amiiiin"

*lah banyak yang jomblo

Setelah selesai menaburkan bahan-bahan tambahan tadi kita akan masuk ke tahap inti dari tradisi Yee Sang, si pelayan akan mempersilahkan para tamu untuk mengaduk Yee Sang menggunakan sumpit masing-masing secara bersama-sama sambil diaduk setinggi-tingginya sebagai simbol kelimpahan, kemakmuran dan peruntungan yang baik.


Yee Sang setelah diaduk.

Untuk rasa dari Yee Sang ini manis, asam segar dengan tekstur sayuran yang renyah. Aroma jeruk nipis sangat terasa berpadu dengan wijen dan daun ketumbar yang harum bikin hidangan ini terasa istimewa.

Setelah puas dengan menu tradisi Yee Sang akhirnya Jajanbeken mau share juga menu-menu lainnya di Ming Dining, yuk langsung aja kita lihat review berikut ini.


1. SAPO TAHU JAMUR DAN SAYUR

Beeeuh menu yang ini beken punya, isinya ada tahu, jamur dan sayuran. Tahunya lembut banget ditambah jamur dan kuahnya yang kental dan lezat bikin perpaduan di dalam mulut yang sempurna banget.

Jajanbeken suka menu yang ini
*bikin pengen nambah


Sapo Tahu Jamur & Sayur (IDR 136K).


2. NASI GORENG BERAS MERAH

Pertama kali Jajanbeken nyobain yang namanya Nasi Goreng Beras Merah yang disajiakan di dalam mangkuk hot stone dan ternyata enak, isiannya lengkap deh ada jagung dan udangnya.




Udangnya dimasak perlahan dengan tingkat kematangan yang sedang dan masih juicy tapi beken point-nya adalah si udang ini tidak berbau anyir meskipun dimasak demikian.


Nasi Goreng Beras Merah (IDR 156K).


3. AYAM CABE ALA MING


Satu lagi menu favorit Jajanbeken di sini yaitu Ayam Cabe Ala Ming. Ayamnya manis gurih dan empuk banget dengan campuran rempah-rempah yang digoreng crispy. Potongan cabenya aja bisa dimakan bersama ayamnya duh kombinasi yang bekeeen bangeeet.


Ayam Cabe Ala Ming (IDR 176K).


4. IKAN GURAME GORENG SAUS ALA THAI

Masih belum puas sama menu-menu beken di atas, cobain yang satu ini Gurame Goreng Saus Thai. Guramenya sendiri udah enak banget di siram saus Thai yang beken punya beeeuuh segeeer bangeet.  




Gurame Goreng Saus Thai (IDR 380K).


5. BUNCIS ZAITUN AYAM CINCANG


Sekarang yuk kita coba menu vegy-nya, yang ini Buncis Zaitun Ayam Cincang. 




Buncisnya renyah berlumuran bumbu-bumbu yang lezat banget, satu hal yang Jajanbeken suka dari menu ini adalah aromanya yang smoky.


Buncis Zaitun Ayam Cincang (IDR 136K).


6. XI MI LU

Sampai pada dessert akhirnya kita mencicipi Xi Mi Lu. Mungkin dessert ini tidak asing bagi kita karena isiannya mirip dengan es buah. Xi Mi Lu menggunakan melon, pepaya serta mutiara dari sagu yang disajikan dalam kuah susu.


Xi Mi Lu (IDR 29K).


Nah sobat jajan sekarang sudah tau kan tentang tradisi Yee Sang dan menu-menu enak di Ming Dining, makanya ikutin terus cerita jajan dari Jajanbeken selanjutnya ya. See you.



RATING
Ambience : Good
Taste : Excellent
Service : Excellent


FACILITIES
Wifi : Yes
Plug : Yes
Dine in : Yes
Smoking Area : No
VIP Room : Yes
Delivery : No
Parking : Yes, integrated with Mall
Valet : Yes, integrated with Mall
Toilet : Yes


CONTACT
Address : Senayan City Mall, Lantai 3 Unit 8. Jl. Asia Afrika Lot.19 Tanah Abang-Jakarta Pusat 10270
Phone : 021-72781627
Instagram : @mingdining


INFORMATION 
Open hour : 10 AM - 10 PM 
Price : Food (IDR 20.8 - 438K), Drinks (IDR 9 - 12K)
Payment method : Cash, Visa, Debit


MAP



Sampai di sini dulu ya cerita jajannya, kalau mau info update lainnya? Yuk follow Jajan Beken di:

INSTAGRAM | TWITTER | GOOGLE+

Label: , , , , ,